Wednesday, April 8, 2020

Sifat Kegiatan Siaga


Sifat kegiatan Siaga


Pembina mengemas latihan dalam bentuk permainan yang menarik dan menyenangkan. Sifat kegiatan adalah moderen, bermanfaat dan setia/taat Azas.
  1. Moderen yang berarti menatang, kreatif, inovatif, mandiri, sesuai dengan kepentingan/kebutuhan/situasi, dan menjaman.
  2. Bermanfaat beraerti bermanfaat bagi dirinya dan mansyarakat  lingkungannya.
  3. Setia/taat azas berarti dalam pelaksanaan kegiatan selalu berlandaskan pada prinsip dasar dan metode kepramukaan.
Kegiatan di perindukan siaga terdiri atas: latihan mingguna dan kegiatan bersama (permainan besar). Bahan/materi latihan mingguan dan kegiatan bersama mengacu pada materi SKU. Acara latihan mingguan hendaknya didahului dengan upacara pembukaan latihan, dilanjutkan dengan kegiatan yang ramai/riang, kegiatan tenang, diselingi nyanyian/tarian/dongeng/cerita/ dan diakhiri dengan upacara penutupan latihan.
Kegiatan bersama merupakan kegiatan yang dilaksnakan bersama dengan perindukan-perindukan dari beberapa gugus depan. Kegiatan tersebut dapat berupa bazar, dan karnaval. Hal yang perlu diperhatikanadlah bahwa siaga merasa senang, nyaman dan aman, serta ingin kegiatan terebut berulang. Bagi pembina wahana dimi digunakan untuk mengevaluasi sejauh mana pelaksnaaan pendidikan pramuka di perindukan masing-masing.
Kegiatan adalah alat untuk mencapai tujua, oleh karena itu harus disusun secara menarik mengandung nilai pendidikan, menantang, progresif dan dibungkus dalam bentu permaianan, cerita khasyal dan nyanyian.
Peminaan siaga sifatnya secara pribadi bukan kelompok  (klasikal). Setiap pembina harus mengetahui sifat dan pribadi masing masing peserta didiknya. Oleh karena itu untuk memudahkan permbinaan, pramuka siaga dalam satu perindukan dibagi menjadi kelompok kecil yang disebut barung dengan jumlah terbaiknya 6 orang peserta didik

Dunia Siaga Lebih Lanjut  Klik link berikut : 


Sebagai referensi kakak penegak dalam kegiatan Serah terima Jabatan Pengurus Dewan Ambalan : 


Kunjungi Perpustakaan Pramuka (khusus buku Kepramukaan) di Kwarcab Kota Semarang. Jl Prof Hamka 234 komplek Kecamatan Ngaliyan. Setiap hari selasa pukul 15.00-17.00 WIB atau Hub kak Awang Wisnuaji  Hub 085 743 109 113 ( hanya SMS atau WA, tidak menerima telp)

Klik Juga 

No comments:

Post a Comment