Sunday, April 5, 2020

Mekanisme Pembinaan Penegak

Mekanisme Pembinaan Pramuka Penegak 


Ada yang berbeda dalam dunia penegak yang tidak dimiliki oleh golongan siaga dan penggalang. Dalam dunia penegak, peserta didik mulai dikenalkan dengan Tri Bina.
Di penegak dan pandega kita mengenal Tri Bina yaitu bina diri, bina satuan, dan bina masyarakat, sedangkan di siaga dan penggalang hanya mengenal bina diri. Dasar aturannya ada di PP 176 tahun 2013, mengenai pola pembinaan Penegak Pandega.
Pola pembinaan dunia pengak dan pandega menggunakan pola tri bina tadi. Dalam pelaksanaan nya tri bina tidak hanya di pangkalan. coba kita bahas
1.    Bina diri :  adalah kegiatan meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan tempatanya ada di:
·         Pangkalan (dari latihan rutin yang diselenggaran oleh satuaanya, serta kegiatan yang diselenggaran di SatuanAmbalan atau racana),
·         Satuan Karya Pramuka: dengan mengikuti satuan karya, penegak akan mendapatkan ketrampilan praktis sesuai bidang satuan karya yang diikutinya, berikut contoh satuan karya.
Saka Bakti Husada           : Bidang Kesehatan
Saka Taruna Bumi            : Pertanian
Saka Wanabakti    : Kehutanan
Saka Bayangkara : Kepolisian
Saka Wira Kartika : Bela Negara TNI
Saka Bahari                       : Kelautan
Saka Dirgantara    : Kedirgantaraan / Penerbangan
Saka Pariwisata    : Pariwisata
·         Di Kwartir (Menjadi Dewan Kerja, Unit di bawahnya Dewan kerja  dan atau mengikuti kegiatan yang diselenggaran oleh Kwartirnya contoh LPK, dan KPDK)
2.    Bina Satuan adalah menjadi Instruktur dalam keterampilan kepramukaan tertentu pada perindukan siaga, pasukan penggalang dan Ambalan Penegak. Untuk Penegak di siaga dan penggalang, sedangkan untuk pandega  di siaga, penggalang dan penegak.  Seorang Penegak akan menjadi instruktur muda di perindukan siaga. Penegak akan membantu menyelenggarkan kegiatan kepramukaan di perindukan bersama pembina dan pembantu pembina siaga.
3.    Bina masyarakat adalah menjadi pemimpin, penyuluh, pelopor dan peneliti di masyarakat. ikut dalam kegiatan yang diselenggaran oleh masyarakat. Seorang penegak belajar bagaimana bermasyarakat.
Dari sini kita dapat melihat perbedaan yang fundamental antara pola pendidikan siaga penggalang dengan penegak pandega. Siaga dan penggalang kegiatan fokus pada pembinaan diri dan wadahnya ada di Satuan (Perindukan dan Pasukan), sedangkan penegak dan pandega tempatnya sangat luas ada di satuan (Ambalan dan racana), Satuan karya, Dewan Kerja (Kwartir), Unit di bawah dewan kerja  dan di masyarakat.
Perjalanan penegak pun berbeda dengan perjalanan siaga dan penggalang. Dalam dunia penegak, seorang peserta didik dikenalkan dalam dunia yang ada dimasyarakat. Dikenalkan dengan adat dan lain sebagainya. Berikut peta perjalanan seorang Penegak.

Peta Perjalanan Penegak


Kunjungi Perpustakaan Pramuka (khusus buku Kepramukaan) di Kwarcab Kota Semarang. Jl Prof Hamka 234 komplek Kecamatan Ngaliyan. Setiap hari selasa pukul 15.00-17.00 WIB atau Hub kak Awang Wisnuaji  Hub 085 743 109 113 ( hanya SMS atau WA, tidak menerima telp)

Klik Juga 


Berikut Link yang mungkin juga berguna untuk kakak Pembina Pasukan Penggalang : 

No comments:

Post a Comment