Selasa, 20 Februari 2018

Keluarga Baden-Powell

Keluarga Baden-Powell

Membicarakan kepanduan tanpa menyebut Baden-Powell tentu saja terasa janggal. Siapakah Baden-Powell ?


Keluarga Lengkap Profesor Baden Powell

Bapak Pandu atau Chief Scout of the World yang sering dipanggil Badepn-Powell (BP) dilahirkan di London, Inggris pada 22 Februari 1857, ketika lahir diberi nama Robert Stephenson Smyth Powell. Ayah BP bernama Baden Powell seorang Guru Besar di Universitas Oxford dan juga sebagai pendeta, biasa disebut sebagai the Reverend Professor Baden Powell. Perkawinan ayah BP dengan Eliza (meninggal tahun 1836) tidak menghasilkan keturunan. Pada tahun 1837, ayahnya menikah lagi dengan Charlotte Pope yang meningal pada 1844. Pasangan ini mempunyai empat orang anak – dua orang diambil oleh saudaranya sepeninggal ibunya dan tinggal di Irlandia, sedangkan yang dua orang lagi yaitu Charlotte Elizabeth dan Baden Henry tetap ikut ayahnya. Kemudian ayah BP menikah dengan Henrietta Grace Smyth, Ibu BP anak seorang laksamana yan juga seorang astronomer bernama William Henry Smyth. Jarak umur ayah dan ibu BP sangat jauh yaitu 28 tahun.


BP bersaudara berjumlah 12 yaitu :
  1. Charlotte Elizabeth Powell
  2. Baden Henry Powell
  3. Henry Warrington Smyth Powell              Lahir Februari 1847
  4. George Smyth Powell                                Lahir Desember 1847
  5. Augustus Smyth Powell                             Lahir Mei 1849
  6. Francis Smyth Powell                                Lahir Juli 1850
  7. Henrietta Smyth Powell                             Lahir Oktober 1851
  8. John Penrose Smyth Powell                       Lahir Desember 1852
  9. Jessie Smyth Powell                                  Lahir November 1855
  10. Robert Stephenson Smyth Powell            Lahir Februari 1857
  11. Agnes Smyth Powell                                 Lahir tahun 1858
  12. Baden Flecher Smyth Powell                     Lahir Tahun 1860


Saudara BP, Henrietta dan John meninggal ketika umue dua tahun, Jessie hanya berumur 8 bulan, sedangkan Augustus meninggal pada 1863.
Profesor Baden Powell meninggal saat BP berumur 3 tahun. Sepeningglan ayahnya, Ibu BP mengambil keputusan untuk mengganti nama keluarga Powell menjadi Baden-Powell. Dengan demikian nama BP yang sebelumna Robert Stephenson Smyth Powell Menjadi Robert Stepenson Smyth Baden-Powell. Selanjutnya Ibu BP membeli rumah di Hyde Park Gate London, yang memungkinkan BP dapat sering bermain di Taman Hyde Park memperhatikan burung-burung, pohon dan tanaman lain yang tumbuh di taman, memancing, dan berperahu di kolam yang besar yang dinamaakan The Serpentine. 








Kunjungi Perpustakaan Pramuka (khusus buku Kepramukaan) di Kwarcab Kota Semarang. Jl Prof Hamka 234 komplek Kecamatan Ngaliyan. Setiap hari selasa pukul 15.00-17.00 WIB atau Hub kak Awang Wisnuaji  Hub 085 226 887 668 ( hanya SMS atau WA, tidak menerima telp)




 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar