Wednesday, March 25, 2020

Program Latihan Mingguan Penggalang

Program Latihan Mingguan Penggalang

Setiap kali akan membina peserta didik, seorang pembina seharusnya selalu mempunyai program latihan. Program latihan ini yang akan menjadi acuan dalam pelaksanaan kegiatan latihan. Kegiatan yang di rencanakan dengan baik, harapannya dapat berjalan dengan baik dan mencapai tujuan latihan. 
Ingat tidak merencanakan berarti kita sedang merencakan kegagalan. Berikut contoh latihan Pramuka di Pasukan yang kami bina. 

Program latihan mingguan berbentuk tabel dan menyeruapai jadwal. dalam tabel tersebut berisi mengenai waktu pelakasana, kegiatan dan jabaran dalam pelaksanaan latihan. Program ini yang akan menjadi acuan dalam penyusuan rencana membina. Sehingga tidak cukup untuk membuat program mingguan, tetapi harus dioperasional lebih lanjut  menjadi Rencana membina. Dalam recana membina akan sangat dibahas secara rinci teknis kegiatan dan pembagian tugas atara pembina, dan pembantu pembina., 
Pembuatan Program latihan mingguan ini berdasarkan kisi latihan penggalang. Kisi-kisi latihan penggalang selalu berpedoman terhadap SKU dan SKK serta program kerja penggalang. Ketika semua selaras dengan baik maka alur latihan penggalang maka alur pendidikan penggakan akan berjalan dengan baik dan harapannya tujuan pendidikan kepramukaan tercapai. 

Jika kakak Kakak hendak mengcopy program kami, kakak dapat masuk ke link berikut: 

  1. Program latihan Mingguan Penggalang 
  2. Kisi-Kisi Latihan Penggalang
  3. Program Kerja Penggalang 
  4. Program Latihan Ketrampilan 
  5. Program Latihan PBB
  6. Program Latihan Semua 
  7. Program Permaian Penggalang
  8. Jabaran Permainan Penggalang 
  9. Contoh Rencana Membina Penggalang 
  10. Dunia Penggalang

Demikian Program yang ada di pangkalan kami, SD Ngaliyan 05 Semarang. Masih belum sempurna dan perlu banyak perbaikan, semoga dapat memberikan gambaran.


Berikut Link yang mungkin juga berguna untuk kakak Pembina Pasukan Penggalang : 




Kunjungi Perpustakaan Pramuka (khusus buku Kepramukaan) di Kwarcab Kota Semarang. Jl Prof Hamka 234 komplek Kecamatan Ngaliyan. Setiap hari selasa pukul 15.00-17.00 WIB atau Hub kak Awang Wisnuaji  Hub 085743109113 ( hanya  SMS dan Wa, Tidak menerima telp. Mohon memperkenalkan diri terlebih dahulu)

3 comments: