Monday, March 30, 2020

Keuntungan memiliki kartu anggota Gerakan Pramuka

Keuntungan memiliki kartu anggota Gerakan Pramuka

Kartu Tanda Anggota Gerakan Pramuka adalah sebuah kartu identitas yang menunjukkan bahwa yang bersangkutan merupakan seorang pramuka atau seorang anggota pramuka. Seorang disebut sebagai anggota pramuka manakala yang bersangkutan telah memenuhi syarat menjadi anggota gerakan pramuka dan telah dilantik. Untuk peserta didik syarat tersebut berkaiatan dengan Syarat kecakapan Umum (SKU), sedangkan bagi pembina berkaitan dengan narakarya dan naratama. Ada juga yang menjadi anggota pramuka karena secara strukturan dan fungsioal akan dikukuhkan dengan surat keputusan menjadi pengurus organisasi baik staff, Andalan ataupun mabi. Seorang yang telah menjadi anggota Gerakan pramuka mempunyai hak dan kewajiban : 
Hak nya Antara lain :
1.   Diperkenankan menggunakan tanda umum Gerakan pramuka sesuai dengan aturan yang berlaku 
2.   mengenakan seragam pramuka 
3.   Mengikuti kegiatan kepramukan sesuai dengan golongan dan sesuai aturan dan ketentuan.

Kewajibannya : 
1.   menjaga nama baik dirinya, organisasi Gerakan Pramuka, dan Gerakan Kepramukaan Sedunia.
2.   bersikap dan berbuat sesuai dengan isi Satya dan Darma Pramuka, serta mengamalkan pengetahuan dan kecakapannya sebagai anggota Gerakan Pramuka.
3.   berusaha memperlihatkan rasa persaudaraan di kalangan sesama anggota Gerakan Pramuka atau Gerakan Kepramukaan Sedunia, dan sesama manusia pada umumnya.
4.   berusaha membuktikan kesadaran dan tanggungjawab atas dirinya, satuan dan organisasinya, sebagai perwujudan dari rasa dan kesadaran ikut memiliki, memelihara dan bertanggung jawab atas organisasinya, serta ikut berusaha mencapai tujuan atau cita-citanya.

Keuntungan telah mempunyai KTA anggota berarti telah terdata dan masuk dalam data base anggota pramuka, sehingga secara otomastis terikat dengan hak dan kewajiban yang ada di atas. 

Untuk keuntungan yang lain tergantung dengan kerjasama antara kwartir dan pihal pihak yang ada, contoh di Kota Semarang bagi yang mempunyai KTA ada diskon pembelian di beberapa toko yang berkerja sama dengan Badan Usaha Kwartir


Berikut Link yang mungkin juga berguna untuk kakak Pembina Pasukan Penggalang : 

  1. Pelantikan Penggalang Ramu
  2. Naskah Pelantikan Penggalang Ramu
  3. Surat Keterangan Pelantikan Penggalang Ramu
  4. Upacara Pembukan Latihan Pasukan Penggalang
  5. Upacara Pindah Golongan dari siaga ke penggalang



Kunjungi Perpustakaan Pramuka (khusus buku Kepramukaan) di Kwarcab Kota Semarang. Jl Prof Hamka 234 komplek Kecamatan Ngaliyan. Setiap hari selasa pukul 15.00-17.00 WIB atau Hub kak Awang Wisnuaji  Hub 085743109113 ( hanya  SMS dan Wa, Tidak menerima telp. Mohon memperkenalkan diri terlebih dahulu)

Info Terbaru

1 comment:

  1. Mohon pencerahannya kalo dasar hukum KTA itu darimana ya kak mohon pencerahannya

    ReplyDelete