Monday, March 30, 2020

Jelaskan proses perpindahan panas pada peristiwa api unggun


Penjelasan proses perpindahan panas 

pada peristiwa api unggun

Perpindahan Kalor saat Api Unggun, secara Radiasi


Pada malam hari kita sedang melaksanakan api unggun, seluruh peserta berbaris rapi membentuk lingkaran mengeliling api unggun. Saat api dinyalakan oleh petugas dan api berkobar membakar kayu, Kita Merasakan tubuh kita hangat, Padahal jarak antara api di unggun dengan kita cukup jauh. 

Kenapa hal itu terjadi? Perpindahan kalor merupakan suatu kalor atau panas yang dapat berpindah dari satu tempat ke tempat lain. 
Perpindahan kalor saat api unggun adalah 
Perpindahan kalor atau panas secara radiasi merupakan perpindahan kalor tanpa melalui suatu zat perantara. Pada kejadian ini api di unggun mempunyai kalor yang besar dan terjadi perpindahal panas dari api di unggun ke orang-orang disekitarnya walaupun tanpa perantara. 



 Perpindahan panas radiasi adalah proses di mana panas mengalir dari benda yang bersuhu tinggi ke benda yang bersuhu rendah bila benda – benda itu terpisah di dalam ruang, bahkan jika terdapat ruang hampa di antara benda – benda tersebut. Telah kita ketahui bahwa antara matahari dengan bumi berupa ruang hampa udara, sehingga kalor dari matahari sampai ke bumi tanpa melalui zat perantara. Perpindahan kalor tanpa melalui zat perantara atau medium ini disebut radiasi/hantaran. Contoh perpindahan kalor secara radiasi, misalnya pada waktu kita mengadakan kegiatan perkemahan, di malam hari yang dingin sering menyalakan api unggun.
      Saat kita berada di dekat api unggun badan kita terasa hangat karena adanya perpindahan kalor dari api unggun ke tubuh kita secara radiasi. Walaupun di sekitar kita terdapat udara yang dapat memindahkan kalor secara konveksi, tetapi udara merupakan penghantar kalor yang buruk (isolator). Jika antara api unggun dengan kita diletakkan sebuah penyekat atau tabir, ternyata hangatnya api unggun tidak dapat kita rasakan lagi. Hal ini berarti tidak ada kalor yang sampai ke tubuh kita, karena terhalang oleh penyekat itu. Dari peristiwa api unggun dapat disimpulkan bahwa:
§  Dalam peristiwa radiasi, kalor berpindah dalam bentuk cahaya, karena cahaya dapat merambat dalam ruang hampa, maka kalor pun dapat merambat dalam ruang hampa;
§  Radiasi kalor dapat dihalangi dengan cara memberikan tabir/penutup yang dapat menghalangi cahaya yang dipancarkan dari sumber cahaya.

Berikut Link yang mungkin juga berguna untuk kakak Pembina Pasukan Penggalang : 


  1. Pelantikan Penggalang Ramu
  2. Naskah Pelantikan Penggalang Ramu
  3. Surat Keterangan Pelantikan Penggalang Ramu
  4. Upacara Pembukan Latihan Pasukan Penggalang
  5. Upacara Pindah Golongan dari siaga ke penggalang



Kunjungi Perpustakaan Pramuka (khusus buku Kepramukaan) di Kwarcab Kota Semarang. Jl Prof Hamka 234 komplek Kecamatan Ngaliyan. Setiap hari selasa pukul 15.00-17.00 WIB atau Hub kak Awang Wisnuaji  Hub 085743109113 ( hanya  SMS dan Wa, Tidak menerima telp. Mohon memperkenalkan diri terlebih dahulu)

Info Terbaru

No comments:

Post a Comment