Wednesday, November 21, 2018

Pendamping Kanan dan Pendamping Kiri Pelantikan Bantara


Laporan Pendamping Kanan dan Pendamping Kiri
Dalam Pelantikan Pramuka Bantara

Dalam Pelantikan Bantara ada suatu hal yang unik, yaitu adanya pendampingan dari calon penegak yang akan dilantik. Pendampingan ini tidak ada dalam golongan siaga dan penggalang. 
· Pendamping Kanan adalah seorang Penegak yang bertugas sebagai pendamping, bertanggungjawab atas penilaian terhadap segi kejiwaan dan kepribadian anggota Pramuka yang didampinginya.
· Pendamping Kiri adalah seorang Penegak yang bertugas sebagai pendamping, bertanggungjawab atas penilaian terhadap segi kecakapan dan aktifitas anggota Pramuka yang didampinginya.
Pendamping Kanan/ Kiri sebelum memasuki ruangan/ forum boleh mengetuk pintu terlebih dahulu :
·         Pendamping Kanan/ Kiri : Kami Perantara Kanan/ Kiri akan menghadapkan seorang Pemuda Indonesia, di depan Dewan kehormatan ( dalam Rumah Adat ) untuk dilantik sebagai anggota Penegak Bantara ..........
·         Kakak Pembina : Silahkan masuk ...!
Selanjutnya adalah dialog/ tanya jawab antara Kakak Pembina dengan Pendamping kanan/ Kiri :
·         Pendamping Kanan/ Kiri : Lapor...! Kami Perantara Kanan/ Kiri akan menghadapkan seorang Pemuda Indonesia, yang Berjumlah ……………… di depan Pembina untuk dilantik sebagai anggota Penegak Bantara
·         Kakak Pembina : Adik-adik Perantara, atas nama Saudara-saudaramu seperjuangan dan se ambalanmu, sebelum Kakak menerima dan melantik calon penegak yang kalian hadapkan, terlebih dahulu saya berkewajiban meminta pertanggung jawaban kepada adik- adik Pendamping, atas pengamatan dan penilaianmu mengenai perkembangan calon Penegak. dari segi kejiwaan dan kepribadian maupun segi kecakapan dan aktifitasnya sehari-hari,berdasarkan pengetahuan dan pengalamanmu dalam pergaulan dengan calon penegak di masa lalu ?
·         Pendamping Kanan : Saya menyatakan bahwa calon Penegak ini memiliki jiwa yang kuat dan tekad yang baik yang senantiasa menjunjung harkat dan harga dirinya serta martabatnya sebagai manusia Indonesia, insan Pancasila, kehormatan bangsa dan negaranya serta memiliki kemauan yang teguh dalam mengembangkan kualitas dirinya terhadap Tuhan, Negara dan pengabdiaanya kepada masyarakat dan lingkungannya.
·         Kakak Pembina : Terima kasih kepada adik perantara Kanan atas pertanggungjawabanmu. Selanjutnya kepadamu Adik perantara kiri berdasarkan pengetahuan dan pengalamanmu dari segi Kecakapan dan aktifitasnya ?
·         Pendamping Kiri : Saya Menyatakan bahwa calon Penegak telah memiliki kecakapan dan kemampuan yang senantiasa berupaya menjunjung taraf kehidupannya, memiliki aktifitas dan perilaku yang baik, berguna bagi dirinya serta pengabdiannya bagi masyarakat dan lingkungannya.
·         Kakak Pembina : Terima Kasih Adik-adik Perantara Kanan dan kiri, yang telah memberikan pertangggungjawabanmu atas calon Penegak yang adik –adik hadapkan.
·         Selanjutnya Pertanyaan ini kami tujukan kepada adik calon Penegak,Setelah mendengarkan pertanggungjawaban perantaramu, apakah adik membenarkan seluruh pernyataan yang dikemukakan oleh kedua perantaramu dan mengakui kebenarannya untuk selalu memegang teguh dan tetap melaksanakan dalam kehidupanmu dengan nyata di masa yang akan datang ?
·         Calon Penegak : Dengan ketulusan hati. Saya menyatakan membenarkan seluruh pernyataan perantara kanan dan kiri.
·         Pembina Penegak : Terima kasih atas keberanian dan ketulusan adik calon penegak. Kakakmu tetap dan senantiasa mempercayai segala pernyatan yang telah adik adik kemukakan.
Kemudian kepadamu, perantara kanan dan kiri untuk mengantakan Saudaramu Calon penegak Bantara Untuk bersuci dan minta ijin kepada orang tua, setlah itu silahkan antarkan kembali menuju tempat adat.
Pendamping Kanan/ Kiri mengantarkan pendamping kanan untuk membasuh kedua tangan dan mencuci muka dengan air kembang setaman, (sebagai kiasan segala sesuatu yang dilasanakan di Ambalan Soekarno adalah bersih dan wangi.)
Pendamping kanan/kiri mengantar calon bantar kedua orang tua untuk minta ijin
·         Calon Penegak : Bapak, pada pada hari ini, saya telah menyelesaikan SKU Penegak bantara, dan akan dilantik menjadi penegak bantara. Mohon Doa dan restu dari Bapak. (Sambil Sungkem)
·         Bapak Calon Penegak : Sama meretui mu Anak ku, semoga dengan dilantik bantara hari ini engkau menjadi pemimpin bangsa yang baik di masa depan
·         Calon Penegak : Ibu, pada pada hari ini, saya telah menyelesaikan SKU Penegak bantara, dan akan dilantik menjadi penegak bantara. Mohon Doa dan restu dari Bapak. (Sambil Sungkem)
·         Bapak Calon Penegak : Sama meretui mu Anak ku, semoga dengan dilantik bantara hari ini engkau menjadi pemimpin bangsa yang baik di masa depan

Pendamping Kanan/ Kiri mengantarkan kembali Calon penegak kepada Kakak Pembina
Pendamping Kanan : Kakak kami sudah mengantarkan saudara kami calon penegak untuk melaksanak adat amabalan 
Pembina Penegak : Terima kasih Pendamping kanan dan Kiri, silahkan lepaskan apitanmu kepada calon penegak, biarkan dia mandiri dan bertanggungjawab atas dirinya sendiri. Silakan Pendamping kanan dan Kiri kembali ke barisan
 ( Dilanjutkan dengan tanya jawab pelantikan antara Kakak Pembina dan Calon Penegak )

Dalam pelaksanaan pelantikan, contoh narasi di atas dapat dikembangkan dan mengalir, narasi di atas hanya contoh saja, silahkan kakak dan adik kembangkan dan dapat pula improvisasi di lapangan.



Kunjungi Perpustakaan Pramuka (khusus buku Kepramukaan) di Kwarcab Kota Semarang. Jl Prof Hamka 234 komplek Kecamatan Ngaliyan. Setiap hari selasa pukul 15.00-17.00 WIB atau Hub kak Awang Wisnuaji  Hub 085743109113 ( hanya  SMS dan Wa, Tidak menerima telp. Mohon memperkenalkan diri terlebih dahulu)
Info Terbaru


No comments:

Post a Comment