Monday, March 30, 2020

langkah-langkah persiapan upacara api unggun?

langkah-langkah persiapan upacara api unggun?

Api Unggun dalam Kegiatan Kepramukaan 


Sejak Zaman dahulu nenek moyang kita tidak pernah melupakan api unggun sebagai penghangat badan dan pengusir binatang buas. Di samping itu api unggun juga berguna sebagai media pertemua untuk bermusyarawah, menghakimi pelanggaran, bergembira, pesta dan pembinaan. Cara berapi unggun nenek moyang kita perlu ditumbuhkembangkan dalam keggiatan kepramukaan sebagai alat pendidikan.  Kegiatan api unggun dalam gerakan pramuka biasanya dilaksanakan pada malam hari serangkaian dengan kegiatan perkemahan. Kegiatan api saat ini selain sebagai giat persaudaran, kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan persaudaraan antara sesama anggota gerakan pramuka juga sebagai ajang mengekspresiakan minat dan bakat seorang pramuka dengan menampilkan berbagai macam atraksi seni. Ada yang bernyanyi, bercerita, drama, tarian dan lain sebagainya. 

Langkah-langkah persiapan upacara api unggun dalam kegiatan pramuka 
  1. Ijin dari kakak pembina dan penduduk setempat mengenai kegiatan tersebut. 
  2. Cari tempat tepat untuk kegiatan api unggun, tempat yang terbuka, cukup luas, Permukaan tanah rata, Tanah kering, Suasana cukup tenang, terlindung dari tiupan angin kencang dan terhindar dari benda yang mudah terbakar. 
  3. Siapkan kayu, ranting yang akan digunakan untuk unggun. Jika tanah berumput atau berlumut atau cenderung merusak, lebih baik diberikan tatakan misal seng bekas atau pelepah pohon pisang
  4. tata kayu sesuai dengan kebutuhan. Sesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi. bisa bentuk segitiga, Piramida, Pagoda tegak, Pagoda Roboh Dll
  5. Siapkan Penyulut api, misakan obor atau lilin 
  6. jika ada ada upacara api unggun maka siapakan petugas dan teks upacara. 
  7. Untuk mempercantik biasanya di buat batas peserta berupa lampion kecil atau lilin 
  8. Pengeras suara dan pencahayaan misal diperlukan
Rencanakan dengan matang kegiatan api unggun dan pastikan tidak terlalu malam dan aman bagi peserta didik. Libatkan peserta didik untuk membantu, hal ini dapat menjadi pengalaman yang berharga bagi yang bersangkutan. 

Persiapan api Unggun : 


Berikut Link yang mungkin juga berguna untuk kakak Pembina Pasukan Penggalang : 

  1. Pelantikan Penggalang Ramu
  2. Naskah Pelantikan Penggalang Ramu
  3. Surat Keterangan Pelantikan Penggalang Ramu
  4. Upacara Pembukan Latihan Pasukan Penggalang
  5. Upacara Pindah Golongan dari siaga ke penggalang



Kunjungi Perpustakaan Pramuka (khusus buku Kepramukaan) di Kwarcab Kota Semarang. Jl Prof Hamka 234 komplek Kecamatan Ngaliyan. Setiap hari selasa pukul 15.00-17.00 WIB atau Hub kak Awang Wisnuaji  Hub 085743109113 ( hanya  SMS dan Wa, Tidak menerima telp. Mohon memperkenalkan diri terlebih dahulu)

Info Terbaru



No comments:

Post a Comment