Friday, February 22, 2013

Belajar Pramuka Penegak



Belajar Penegak

Ambalan Adam Malik Fatmawati

Saat banyak sekali organisasi kepemudaan yang ada di Indonesia, salah satunya yang masih bertahan adalah Gerakan Pramuka. Gerakan Pramuka berdiri sejak tahun 1961 dengan dikeluarkannya kepres 238 tahun1961 yang menyatakan Gerakan Pramuka merupakan satu-satunya organisasi yang boleh menyelenggarakan kegiatan kepanduan di Indonesia. Tujuan gerakan pramuka adalah untuk membentuk karakter dan berbudi pekerti yang luhur anak-anak dan pemuda serta menguasai IPTEK untuk bekal kehidupannya di kemudian hari. Lalu pertanyaannya apa bedanya gerakan pramuka dengan organisasi kepemudaan yang lain di Indonesia bukannya setiap organisasi mempunyai tujuan yang hampir serupa ? yang membedakan Gerakan Pramuka dengan organisasi yang lain adalah Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan (PDK MK).


Prinsip Dasar Kepramukaan               

1. IMTAQ terhadap TYME
2. Peduli Bangsa, sesama hidup dan alam seisinya
3. Peduli terhadap diri pribadinya

4. Menaati Kode Kehormatan Pramuka

 

Metode Kepramukaan

  1. Pengamalan Kode Kehormatan Pramuka
  2. Belajar sambil melakukan
  3. Berkelompok
  4. Kegiatan menarik dan  menantang, meningkat dan  sesuai dengan perkembangan
  5. Alam terbuka
  6. Tanda Kecakapan
  7. Satuan terpisah 
  8. Kehadiran orang Dewasa

 

Dengan Berpedoman PDK MK diharapkan Tujuan Gerakan Pramuka dapat diwujudkan. PDK MK juga sebagai prinsip yang harus dilakukan saat menyelenggarakan kegiatan kepramukaan.

Penggolongan Pramuka Peserta didik

Dalam gerakan pramuka peserta didik digolongkan berdasarkan usianya, penggolongan tersebut adalah

Siaga               : 7-10 tahun

Penggalang      : 11-15 tahun

Penegak           : 16-20 tahun

Pandega          : 21-25 tahun 

Rata-rata murid SMA sudah berusia 16 tahun maka, biasanya dalam gugus depan yang berpangkalan di sekolah SMA hanya mempunyai pramuka penegak. Seharusnya jika  umur peserta didik masih di antara 11-15 tahun seharusnya masih di golongan penggalang.

Di Pangkalan SMA 6 Semarang, Gerakan Pramuka juga hanya mempunyai satu golongan saja yaitu Pramuka Penegak. Gugus Depan (Gudep) Putra mempuyai nomor 12.081, sedangkan Gudep putri mempunyai nomor 12.082.

Dalam golongan penegak, peserta didik akan dikelompokkan menjadi satuan-satuan. Satuan terbesar dinamakan Ambalan, sedangkan satuan atau kelompok terkecilnya dinamakan Sangga. Satuan-satuan itu terpisah antara peserta didik putra dan putri.

Secara ideal seharusnya satu sangga terdiri dari 4-8 orang. Sedangkan satu ambalan terdiri dari 4 sangga sehingga secara maksimal seharusnya 32 orang. Tetapi karena jumlah peserta didik di SMA 6 yang sangat banyak maka saat ini jumlah satu sangga ada yang mencapai 11 orang, dan satu pangkalan hanya ada 2 ambalan. Untuk Ambalan putra dinamakan ADAM MALIK sedangkan Ambalan putri dinamakan Putri FATMAWATI.

Sangga dipimpin oleh seorang pemimpin sangga (pinsa) dan seorang wakil pemimpin sangga (wapinsa). Sedangkan ambalan dipimpin oleh pemimpin sangga utama yang disebut Pradana. Saat ini pradana putra dijabat oleh kak Bayu sedangkan pradana Putri dijabat oleh kak Rizky.

Dalam gugus depan, ada yang dinamakan ketua majelis pembimbing gugus depan atau yang disebut dengan kamabigus. Di SMA 6 kamabigus dijabat oleh kepala sekolah. Saat ini kamabigus nya dijabat oleh pak Totok. Sedangkan pembina pramuka saat ini yang putra ada kak Agung, kak Awang dan Kak Angga Jati, untuk putri ada kak Sudiyati dan kak Endang.




Sebagai referensi kakak penegak dalam kegiatan Serah terima Jabatan Pengurus Dewan Ambalan : 
  1. Atur Acara Upacara Serah Terima Jabatan



Kunjungi Perpustakaan Pramuka (khusus buku Kepramukaan) di Kwarcab Kota Semarang. Jl Prof Hamka 234 komplek Kecamatan Ngaliyan. Setiap hari selasa pukul 15.00-17.00 WIB atau Hub kak Awang Wisnuaji  Hub 085743109113 ( hanya  SMS dan Wa, Tidak menerima telp. Mohon memperkenalkan diri terlebih dahulu)


Info Terbaru

 

1 comment:

  1. CV Bahagia Sukses Makmur adalah perusahaan yang bergerak dibidang jasa kontraktor, vendor dan jual sewa tenda untuk perusahaan maupun perorangan yang ingin mengadakan event outdor. Salah satu contoh tenda yang kami sediakan adalah Tenda Roder / Tenda Hanggar.
    Tenda Roder Putih dan Tenda Roder Transparan


    Salah satu yang cukup sering digunakan dalah tenda roder dengan penutup PVC Putih. Jenis tenda ini dapat menjadi pilihan bagi anda bagi ada yang ingin menyelanggarakan acara yang bersifat komersil mataupun lebih privasi.


    Tenda Roder Tutup Transparan
    Tenda jenis ini dapat memberikan penerangan yang lebih maksimal karena cahaya dari luar langsung dapat masuk lebih banyak kedalam tenda,


    Tenda roder dengan atap transparan juga memilik kesan yang lebih artistik dan elegan.Tenda jenis ini sangat cocok untuk anda yang ingin menampilkan teampilan cantik pada tempat penyelenggara acara.
    Tenda Roder / Tenda Hanggar ini sangat cocok menjadi pilihan utama untuk kegiatan outdor dengan kebutuhan ruang berskala besar. Meskipun sifatnya temporary / sementara Tenda ini memiliki kenyamanan dan keamanan yang sama dengan bangunan permanen lainnya. Tenda ini juga cepat dalam istalasi dan tidak memerlukan IMB (ijin mendirikan bangunan).


    Fungsi dan Spesifikasi Tenda roder / Tenda Hanggar :
    Selain untuk event Tenda Roder ini memiliki beberapa fungsi, yaitu
    - Untuk tenda rumah sakit darurat
    - Tenda Gudang
    - Tenda Pabrik
    - Tenda Wedding (pernikahan)
    -Tenda Posko keamanan, DLL.


    Spesifikasi Tenda Roder / Tenda Hanggar :
    - Menggunakan atap dan dinding yang tahan terhadap sinar matahari (blackout)
    - Memiliki ruangan yang luas tanpa tiang penyangga ditengah ruangan. yaitu memiliki bentangan 10 M, 15 M dan 20 M. serta panjang kebelakang kelipatan 5 M / sesai kebutuhan.
    - Bisa digunakan untuk segala keperluan acara.


    Kami telah berpengalaman dalam Membuat berbagai macam tenda. Untuk konsultasi lebih lanjut bisa hubungi Telp/WA 081316140397 RAHMA.
    *untuk jasa pengiriman kami melayani seluruh pulau.


    #tenda #jualtenda #tendahanggar #tendaevent #tendaevenoutdor #tendamurah #tendajabodetabek #tendajakarta #tendatangerang #tendatemporary #tendasementara #tendahanggar #tendarder #tendaposko #tendaposkokeamanan #tendabencana #tendarumahsakt #tendadarurat #tendagudang #tendapabrik #tendagudangjakarta #tendaeventjakarta #jualtendajabodetabek #tendasurabaya #tendasurabayamurah


    https://tendagudangjakarta.blogspot.com/




    ReplyDelete