Tuesday, February 26, 2013

Sejarah Pramuka SMA 6 Semarang


Sejarah berdirinya gugus depan sma n 6 semarang
03.081-03.082 dan ambalan am-fm

Setelah tiga bulan sma n 6 berdiri didkan latihanlatihan bagi pengurus OSIS dengan pakaian bebas dan seragam pramuka. Kegiatan ini diprakarsai oleh Bapak Hadi maryono, yaitu guru biologi sma n 6. Dari kegiatan tersebut terkumpul 23 orang pa dan pi yang terdiri dari sisa sisi kelas satu dan dua.
Pada saat itu ditetapkan hari latihan bersama yaitu hari sabtu sore, juga ditetapkan gudep persiapan sma n  semarang dan diadakan pemilihan pradana bagi ambalan adam malik dan ambalan fatmaati yaitu:
Pradana putra : Sigit Joko hartono
Pradana putri  : Hermawati
Setelah penetapan hari latihan, hadir 6-10 orang. Meskipun yang hadir hanya 6-10 orang tetap dilaksanakan latihan bersama secara rutin. untuk menimba pengalaman gudep persiapan sma n 6 semarang banyak mengikuti kegiatan keluar, baik kegiatan ke gudepgudep lain, juga mengikuti kegiatan-kegiatan tingkat ranting, maupun cabang dengan seizin sekolah. Kegiatan yang dilaksanakan pada waktu itu antara lain:
1.      Perkemahan I di gedong songo pada juni 1981
2.      Musyaarah ambalan gudep persiapan sma 6 serta pemilihan pradana periode kedua yaitu:
a.      Pradana 03.081           : Gunawan Surendra
b.      Pradana 03.082           : Catur Wigati
Untuk masa bakti 1981-1982, musyawarah ini dilaksanakan pada bulan agustus 1981. Pada masa bakti tersebut ambalan membuat rencana bahwa gudep persamaan sma 6 harus berdiri pada masa bakti itu juga.
Untuk menarik minat para anggota, diadakan kegiatankegiatan yang banyak diminati oleh para siswa yang antara lain kemah pada bulan desember1981 di curug sewu dan sekaligus diadakan pelantikan bagi penegak calon gudep persiapan sma 6 semarang sehingga dengan demikian mereka terikat menjadi anggota pramuka di sma n 6 semarang.
Oleh kak hadi maryono selaku pembina, diadakan persiapan-persiapan untuk dapat membentuk gudep yang berpangkalan di sma n 6 semarang. Namun karena anggota penegak calon yang dilantik tidak pernah mengikuti latihan rutin dan belum memenuhi syarat berdirinya gudep, maka pembentukan gudep terpaksa diundur.
Setelah adanya tahun ajaran baru 19821983 baru terkumpul anggota yang cukup banyak untuk memenuhi syarat berdirinya gudep yaitu minimal beranggotakan 40 orang, untuk itu diadakan musyaarah ambalan khusus untuk mendirikan gudep yang diselenggarakan dengan sistem perkemahan di bumi perkemahan lemdadika Candrabiraa, karanggeneng. Dimana saat musyawarah menghasilkan keputusan sebagai berikut:
1.      Keputusan tanggal penetapan/peresmian gudep
2.      Pembentukan kepanitiaan
3.      Penetapan nomor gudep

Pada tanggal 10 november 1982 berdirilah gudep persiapan sma n 6 semarang menjadi gudep 03.081-03.082 dengan anggota saat itu berjumlah 66 orang putra dan putri yang kemudian dilantik oleh kamabigus dan pembina gudep. Setelah berdiri gudep 03.081-03.082 maka latihan-latihan rutin berjalan dengan lancar juga kegiatan-kegiatan keluarpun lancar, baik pada tingkat ranting, cabang, maupun daerah.
Ternyata anggota gudep 03.08103.082 mendapat tempat yang baik diantara gudep-gudep lain nya yaitu dengan mendapatkan prestasi yang patut dibanggakan.
Selanjutnya pada tahu 1983 untuk pertama kalinya dalam rangka peringatan berdirinya gudep 03.081-03.082 diselenggarakan lomba galang tegak I kemudian kegiatan ini menjadi kegiatan rutin gudep 03.081-03.082 dalam rangka hari jadi gudep.
Pada tahu 1985 dibentuk panitia khusus untuk membicarakan tentang pembentukan ambalan. Hasil dari panitia khusus ini menghasilkan adat istiadat gudep dan nama ambalan. Ambalan berdiri tanggal 10 november 1986. Dan dalam rangka peresmian ambalan ini, gudep 03.081-03.082 pernah tampil di televisi stasiun yogyakarta dalam ruang Pramuka.
Alasan pemilihan nama Adam malik dan fatawati sebagai nama ambalan adalah:
Adam malik     : karena beliau memiliki prestasi dan karir yang patut ditiru yaitu bermula dari nol
Fatmawati       : karena beliau adalah seorang ibunegara yang baik dan beliau juga telah menjahit bendera pusaka
Arti-arti dari warna dan lambang Ambalan Adam Malik – Fatmawati:
Warna dasar biru        : Keulusan hati
Merah                                     : keberanian
Putih                            : suci
Kuning                         : Kemakmuran/kemurnian
Hitam                          : Kedalaman hati
Sayap                           : cita-cita yang tinggi
Nyala api (10)             : Merupakan pelita bagi pramuka yaitu Dasa Darma
Bintang                        : Ketuhanan
3 Bintang                     : Trisatya
Pita                              : Persatuan
Inilah sekilas tentang sejarah berdirinya gudep 03.08103.082 dan sejarah berdirinya ambalan adam malik-fatmawati. (FR)

No comments:

Post a Comment