Tuesday, February 26, 2013

Permainan Outbound


Permainan Outbound
PPC Ambalan Adam Malik-Fatmawati
  1. Ular buta
Dengan berbaris berbanjar maka di ibaratkan peserta adalah seekor ular yang panjang. tetapi seluruh peserta akan di tutup matanya agar tidak dapat melihat, hanya satu orang yang sebagai pemimpin berada di pinggir lapangan yang akan mengarahkan peserta ke tujuan.  Tugas dari ular ini adalah mencari ular yang ada di lapangan.
Aturannya
Setiap orang akan memegang peserta yang ada di hadapannya, pegangan tidak boleh putus, ketika barisan putus maka ular akan mati karena badannya terputus dan ular mati sehingga harus di ulangi dari awal.
Kelompok yang berhasil mendapatkan bola terbanyak dia  yang menang.
Peralatan
·         Bola Warna warni atau kelereng
·         Tali rafia untuk pembatas
·         Penutup mata
  1. Karpet ajaib
Ini adalah kain bertuah, kain di bentangkan di tanah dan di atasnya ada gelas yang berisi air. Tugasnya nya adalah seluruh peserta akan memegang pinggir kain dan memindahkan air tersebut dengan jarak tertentu.
Aturan
Peserta tidak boleh memegang gelas yang ada di tengah kain.
Peserta yang dapat sampai pada tempat tersebut tanpa menumpahkan air dia yang mendapatkan nilain penuh.
Peralatan
·         Kain sepanjang 2 x 1 m
·         Gelas plastik
·         Air
·         Ember
·         Garis start dan garis finish
  1. Jaring laba-laba
Di depan ada halangan berupa jaring laba-laba yang harus di lewati.
Aturan
Peserta tidak boleh menyentuh jaring laba-laba yang ada.
Ketika menyentuh maka akan dimulai dari awal.
Peralatan
·         Tali pramuka yang telah di bentuk menjadi sebuah jaring
  1. Sekoci
Peserta akan melewati sungai yang beracun. peserta harus dapat menyeberangi sungai tersebut dengan bantuan 2 sekoci.
Aturan
Anggota badan tidak boleh keluar dari sekoci yang telah di sediakan.
peserta yang dapat melaksanakan dengan baik akan dapat mendapatkan nilai tertinggi.
Peralatan
·         2 buah mmt ukuran 2 x 1
·         Garis start dan garis finish


  1. Penjara listrik
Seluruh peserta diibaratkan adalah tahanan yang akan melarikan diri keluar dari tahanan.
Tetapi jerujinya terbuat dialiri listrik dan seluruh peserta harus keluar dari penjara tersebut tanpa menyentuh jeruji.
Bagi peserta yang menyentuh jerujinya maka peserta itu akan mati dan alarm akan berbunyi, sehingga harus di mulai dari awal. Karena ada penjaga yang sedang tidur maka, saat melarikan diri tidak boleh mengeluarkan suara, karena nanti penjaga akan bangun
Aturan
·         Peserta yang menyentuh maka harus di mulai dari awal.
·         Tidak boleh menggunakan bahasa verbal atau tidak boleh mengeluarkan suara
·         Peralatan
Area permainan
·         Bambu untuk menyebrang 2 meteran

  1. Estafet air
Peserta mengestafetkan air di dalam botol yang sudah disediakan.  Seserta akan duduk saling berurutan dan gelas yang akan digunakan estafet harus lewat atas tidak boleh lewat samping. Gelas yang di gunakan untuk estafet sudah dilubangi sedemikian rupa sehingga air akan bocor, agar tidak bocor peserta harus menutup lubang tersebut agar tidak bocor.
Aturan main
·         Yang mengambil air hanya pemain yang ada di depan.
·         Gelas harus di estafetkan dari atas kepala.
Alat yang di gunakan
·         Botol
·         Ember
·         Gelas kosong
  1. Pesan berantai
Peserta akan menyampaikan pesan berantai dari belakang ke depan.
Aturan
·         Peserta harus menyampaikan berurutan dari belakang ke depan tidak boleh ngeblong.
·         Semua peserta duduk berbanjar
Peralatan
·         Kertas
·         Ball point
·         Pesan yang akan disampaikan
  1. Tambang keberesamaan
Seluruh peserta di ikat dalam satu tambang atau tali
Dalam satu kebersamaan itu peserta harus menyusun dasa darma
Peraturan
·         Peserta tidak boleh keluar dari tambang kebersamaan
·         peserta mencari kata-kata dasa darma di tempat yang telah di tentukan
·         peserta yang telah dapat menyusun dasa darma dia yang menang
alat yang di gunakan
·         tali webeng
·         kata-kata menyusun dasa darma 

Berikut Link yang mungkin juga berguna untuk kakak Pembina Pasukan Penggalang : 


Kunjungi Perpustakaan Pramuka (khusus buku Kepramukaan) di Kwarcab Kota Semarang. Jl Prof Hamka 234 komplek Kecamatan Ngaliyan. Setiap hari selasa pukul 15.00-17.00 WIB atau Hub kak Awang Wisnuaji  Hub 085743109113 ( hanya  SMS dan Wa, Tidak menerima telp. Mohon memperkenalkan diri terlebih dahulu)
Info Terbaru
h Api Unggun

No comments:

Post a Comment