Sunday, May 22, 2016

Seragam Pramuka penegak putri

Tanda Seragam Pramuka Penegak Putri

Pakaian dalam beberapa tahun ini sudah banyak mengalami perubahan. Pada pada tulisan ini akan dibahas seragam pramuka terbaru menurut SK Kwarnas No 174 Tahun 2012, Tentang Petunjuk Penyelenggaraan Pakaian seragam Anggota Gerakan Pramuka.
Pakaian  Seragam  Pramuka  adalah  pakaian  yang  dikenakan oleh  semua  anggota Gerakan  Pramuka  yang bentuk, warna, dan tata cara pemakaiannya ditentukan oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.
Warna  Pakaian  Seragam  Pramuka  adalah  coklat  muda  dan coklat  tua.  Warna  tersebut  dipilih  dari  salah  satu  warna yang  banyak  dipakai  oleh  para  pejuang  kita  di masa  perang kemerdekaan (1945-1949). Jadi tidak perlu ada perdebatan warna coklat seperti apa, prinsipnya warna bawahan lebih muda dari pada warna atasan. Tidak ada ketentuan khusus kode warna tertentu, mengingat distribusi kain tidak sama di setiap daerah.
Pakaian  Seragam  Kegiatan  adalah  pakaian  yang  dikenakan oleh  semua  anggota Gerakan  Pramuka  pada  saat mengikuti kegiatan lapangan, agar lebih mudah melakukan aktivitas yang diperlukan.
Pakaian Seragam Pramuka terdiri dari:
·         Tutup Kepala

·         Baju Pramuka.
·         Rok/ Celana.
·         Setangan Leher.
·         Ikat Pinggang.
·         Kaos Kaki.
·         Sepatu.
·         Tanda Pengenal.
Pakaian  Seragam  Pramuka  berfungsi  sebagai  sarana  pendidikan dan  identitas bagi anggotanya guna meningkatkan  citra Gerakan Pramuka. Pakaian  Seragam  Pramuka bertujuan  agar para  anggota Gerakan Pramuka yang mengenakannya berakhlak sesuai Satya dan Darma Pramuka, memiliki jiwa korsa, dan berdisiplin.

Mengenakan seragam Gerakan Pramuka dengan baik merupakan kewajiban.  “Ajining diri seko lathi, Ajining raga seko busana”. Orang akan dihargai dirinya dari lidahnya atau perkataannya, dan orang akan dihargai raga atau tubuhnya dari busana atau pakaian yang dikenakannya. 

Sering kali banyak yang bertanya. Di mana tempat dipasang tanda pada seragam pramuka untuk penegak putri. Contoh Baju Pramuka Untuk Penegak, maaf ya, gambar ini saya maksudkan untuk penjahit. agar njahitnya tidak kebolak balik. jadi kalo ditanya kok ga ada tanda TKU bantara ya memang TKU bantara tidak di jahit, dan Setangan leher juga tidak dijahit




Untuk kakak dan adik yang ingin belajar mengenai seragam dan kegiatan Kepramukaan terutama penegak dapat ke link berikut: 


Kunjungi Perpustakaan Pramuka (khusus buku Kepramukaan) di Kwarcab Kota Semarang. Jl Prof Hamka 234 komplek Kecamatan Ngaliyan. Setiap hari selasa pukul 15.00-17.00 WIB atau Hub kak Awang Wisnuaji  Hub 085743109113 ( hanya  SMS dan Wa, Tidak menerima telp. Mohon memperkenalkan diri terlebih dahulu)


Info Terbaru

No comments:

Post a Comment