Wednesday, March 14, 2018

Pembina Pramuka



Pembina Pramuka
  
Pembina Adalah Anggota Dewasa yang terlibat langsung dalam proses penyelenggaraan kepramukaan di Gugusdepan. Pembina Pramuka dan Pembantu Pembina Pramuka termasuk sebagai Anggota Dewasa
Anggota Dewasa adalah anggota Gerakan Pramuka yang berusia di atas 25 tahun terdiri dari Pembina Pramuka, Pelatih Pembina Pramuka, andalan, pengurus satuan karya pramuka, pengurus satuan komunitas pramuka, majelis pembimbing, dan staf kwartir. Anggota muda yang sudah menikah, dikelompokkan dalam anggota dewasa.
Pembina Pramuka dan Pembantu Pembina Pramuka diatur sebagai berikut:
a.    Pembina Siaga sekurang-kurangnya berusia 21 tahun, sedangkan Pembantu Pembina Siaga sekurang-kurangnya berusia  17 tahun.
b.    Pembina Penggalang sekurang-kurangnya berusia 21 tahun, sedangkan Pembantu Pembina Penggalang sekurang-kurangnya berusia  20 tahun.
c.    Pembina Penegak sekurang-kurangnya berusia  25 tahun, sedangkan Pembantu Pembina Penegak sekurang-kurangnya berusia 23 tahun.
d.    Pembina Pandega sekurang-kurangnya berusia 28 tahun, sedangkan Pembantu Pembina Pandega sekurang-kurangnya 26 tahun.
e.    Pembina Pramuka, sekurang-kurangnya telah lulus Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) dan membina anggota muda secara aktif.

Syarat kekentuan lain selain memiliki KTA, seorang Pembina diwajibkan memiliki SHB yaitu Surat Hak Bina yang berlaku dalam jangka waktu tertentu.
Pelantikan Pembina Pramuka dilakukan oleh Ketua Kwartir Cabang yang bersangkutan, dengan mengucapkan Trisatya dan menandatangani Ikrar. Untuk Pengukuhan Pengurus Gugusdepan dilakukan setelah Pelantikan.
Pembina yang melaksanakan pelantikan adalah anggota dewasa yang telah mengikuti kegiatan KMD dan telah menyelesaikan narakaraya dasar.

Pengukuhan Pengurus Gugusdepan Pramuka yang terdiri dari Pembina Gugusdepan, Pembina Satuan, Pembantu Pembina Satuan, dilakukan oleh Ketua Majelis Pembimbing Gugusdepan.

Seragam Pramuka untuk pembina: 
Seragam Pembina Pramuka Terbaru




 Berikut Link yang mungkin juga berguna untuk kakak Pembina Pasukan Penggalang : 
Klik Juga 

No comments:

Post a Comment